Jangan Lupa Komentarnya Gan...

Minggu, 06 November 2011

Tumbuhan BakauTak sekadar penahan Abrasi

Tumbuhan Mangrove/bakau ternyata tidak hanya berfungsi sebagai tumbuhan penangkal lajunya abrasi di pesisir namun ternyata setelah dilakukan penggalian manfaat tumbuhan bakau di masyarakat di temukan fakta bahwa selain sebagai bahan kayu bakar dan bahan bangunan oleh masyarakat desa Sungai Rawa tumbuhan bakau juga di manfaatkan sebagai tanaman obat dan bahan pewarna. pada bagian tertentu tumbuhan ini dipercaya masyarakat mampu menyembuhkan beberapa penyakit. lebih menarik lagi ternyata buah bakau yang muda bila di makan selama waktu tertentu maka mampu mengencangkan alat vital pria dan getah pada pohon Api-api mampu menstabilkan suhu tubuh pada cuaca dingin.

Tanaman bakau juga di manfaatkan masyarat desa untuk bahan pewarna terutama warna merah. untuk mendapat kan warna merah yang bagus, kulit bakau di campurkan dengan kulit nyirih kemudian direbus hingga air rebusan berubah menjadi nmerah. bahan pewarna ini tidak mudah luntur dan kain yang diberi bahan pewarna ini akan lebih awet.

Walau masyarakat desa telah memanfaatkan tanaman bakau sebagai tanaman obat dan bahan pewarna secara temurun namun tetap di butuhkan penelitian lebih lanjut mengenai zat-zat yang terkandung di dalam tumbuhan bakau tersebut. sehingga penggunaan tumbuhan bakau selaku tanaman obat itu tidak hanya sebatas tradisi kebiasaan tapi menjadi sebuah ilmu pengetahuan baru buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar